3 Keutamaan Sedekah Dalam Islam

Date

Ada banyak ayat dan hadis yang berbicara tentang keutamaan sedekah bagi umat manusia. Pahala sedekah sangat istimewa. Apalagi dilakukan di waktu-waktu yang ada keistimewaan khusus. Sedekah berkaitan erat dengan pemerataan ekonomi. Yang berlebih memberi kepada yang kekurangan. Sebagai bentuk peduli dan saling membantu sesama makhluk ciptaan Allah.

Bahkan, sedekah tidak hanya kepada hal yang bersifat materialistik, semisal uang atau barang. Tetapi, seperti senyum pun sudah merupakan sedekah. Banyaknya cara untuk berbuat baik dengan sedekah ini, rasanya sangat rugi apabila kita tidak ikut aktif bersedekah. Terlebih keutamaan sedekah yang sangat berlimpah. Di dalam Al-Qur’an dan Hadis setidaknya ada 3 keutamaan sedekah yang tertera, yaitu:

  1. Pahala dan Imbalan yang Berlipat Ganda

 “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18). 

“Perumpaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada tiap tangkai ada seratu biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah: 261). 

Bahkan, dengan sedekah jariyah, seseorang bisa saja terus mendapatkan pahala walau ia telah mati. Amalan ini yang biasa kita kenal dengan sedekah jariyah.

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang bermanfaat setelahnya” (HR. Muslim).

  1. Memanjangkan Umur dan Mencegah Kematian Buruk

Hal ini seperti yang disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”(HR. Thabrani). 

  1. Sebagai Penghapus Dosa

Dengan sedekah, Allah SWT akan menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Di dalam hadis diberi perumpamaan, bahwa apabila orang bersedekah, maka dosanya diampuni bagaikan air yang memadamkan api.

Rasulullah Saw bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air yang memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi). 

Itulah ketiga keutamaan sedekah dalam perspektif Islam. Dengan sedekah maka keselamatan, keberkahan dan kebahagiaan akan menyertai kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat. Dengan sedekah maka kita akan menjadi orang-orang yang termasuk mendapatkan tiga keutamaan ini.

Saat ini ada banyak cara dan saluran yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita bersedekah. Bahkan, sambil rebahan di atas kasur pun kita bisa sedekah. Dengan cara sedekah online, via transfer. Mari kita bersedekah, hubungi layanan kami di Pesmadai dan mulailah bersedekah di hari ini.

1 thought on “3 Keutamaan Sedekah Dalam Islam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More
articles