Pesantren Mahasiswa Dai Surabaya Gelar Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru

Date

Surabaya – Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) Surabaya resmi membuka kegiatan orientasi mahasiswa baru pada Sabtu, 21 September 2024. Acara pembukaan berlangsung di Aula Lantai 2 Kampus Asrama Pesmadai Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, dan dihadiri oleh pengurus Pesmadai wilayah Jawa Timur serta perwakilan dari Yayasan Dai Muda Indonesia (DMI) Jawa Timur.

Pesmadai merupakan sebuah lembaga yang mewadahi mahasiswa yang ingin tinggal di lingkungan Islami sambil menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS). Dengan hadirnya Pesmadai, mahasiswa dapat menyeimbangkan pendidikan akademis dan spiritualitas.

“Pesmadai Surabaya merupakan cabang dari Pesmadai pusat di Jakarta. Pada sekitar tahun 2018, Pesmadai mulai melebarkan sayapnya ke Jawa Timur. Di bawah bimbingan perintis Pesmadai di Jawa Timur seperti Bang Sauma, Bang Fathoni, dan Bang Alim. Kami telah resmi memiliki legalitas dari Kemenkumham,” ungkap Ustadz Adib Nursyahid, salah satu pembina Pesmadai Jawa Timur.

Ustadz Adib juga mengungkapkan berbagai tantangan yang dihadapi selama masa perintisan Pesmadai Surabaya, termasuk harus berpindah-pindah lokasi dan menghadapi pandemi COVID-19. Namun, semangat para pemuda yang tergabung dalam Pesmadai tetap membara untuk mewujudkan visi besar mereka.

“Dari Pesmadai ini, kami berharap akan lahir generasi muda yang istiqomah, tangguh, dan dekat dengan Al-Qur’an. Oleh karena itu, program penguatan spiritual menjadi prioritas, dengan target murajaah satu juz Al-Qur’an setiap harinya dan juga selesai 30 Juz ketika nanti diwisuda,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa yang tinggal di Pesmadai Surabaya, Dimas, menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan yang diberikan oleh Pesmadai. “Alhamdulillah, meskipun saya sibuk dengan kegiatan di kampus ITS, saya masih bisa menjaga hafalan Al-Qur’an dan bahkan menambahnya,” ujar Dimas.

Kegiatan orientasi mahasiswa baru ini dijadwalkan berlangsung selama satu pekan ke depan, dengan rangkaian acara yang dirancang untuk memperkenalkan mahasantri baru pada kehidupan di lingkungan Pesmadai.

Pesmadai terus berkomitmen untuk menjadi tempat yang ideal bagi para mahasiswa dalam menjaga keseimbangan antara akademik dan spiritual, serta melahirkan generasi yang berakhlak mulia dan tangguh dalam menghadapi tantangan zaman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More
articles

id_ID
id_ID
Scroll to Top