BELAJAR DARI KH. ABDULLAH SAID, MAHASISWA PESMADAI HARUS VISIONER

Date

Usia muda adalah masa produktif. Masa-masa di mana manusia berada di fase unggul dan menjadi harapan banyak orang. Mahasiswa merupakan profil utuh dari usia muda. Penuh semangat, optimis, bermimpi besar dan memandang jauh ke depan atau kita sebut visioner.

 Senantiasa produktif dan visioner hendaknya menjadi khas mahasiswa. Mahasiswa adalah waktu untuk berkontribusi aktif tanpa pragmatis. Ustadz Hanifullah, ketika berkunjung ke Pesmadai mengatakan, bekerja di usia muda itu jangan melihat gaji.

“Bekerja saja dengan maksimal. Jika yang kita dapatkan lebih sedikit dari yang kita kerjakan, maka itu investasi kebaikan jangka panjang kita. Apalagi kalau umur masih dibawah 35 tahun. Bekerja saja dengan penuh totalitas. Jika kita sudah memberikan manfaat seluas-luasnya, maka kebaikan-kebaikan akan datang mengalir bersamaan”, ungkap beliau.

Mahasiswa harus memiliki visi yang kuat. Gambaran terwujudnya cita-cita harus tergambar dengan jelas dalam benak kita. Visioner itu, bisa melihat yang orang lain tidak bisa lihat.

Orang-orang yang visioner itu memiliki keyakinan. Hanya yang yakinlah yang bisa melihat masa depan. Visi lah yang membedakan kita dengan orang lain. Visioner itu pemberani, tidak takut dengan kegagalan. Kita tidak sendiri, ada saudara, teman, jamaah, dan tentunya Allah yang akan membantu.

Jamaah juga menjadi poin penting dalam mewujudkan visi. Ketika kita berkumpul, maka optimis visi akan tercapai. Yang tidak berjamaah akan gampang diterkam godaan dan ketidakberhasilan.

Kata KH. Abdullah Said, suatu saat nanti, orang-orang yang sholat di Masjid Ummul Quro (masjid yang beliau dirikan), motor jamaah yang parkir ibarat sandal yang berjejeran dan jamaah yang keluar selesai sholat ibarat lebah yang berterbangan.

 Hal ini menunjukkan betapa visionernya KH. Abdullah Said. Dengan keyakinannya ia yakin gerakan besar yang dibangunnya untuk dakwah Islam akan maju dan berkembang di masa depan.

Inilah teladan yang nyata bagi kita mahasiswa di Pesmadai dan mahasiswa pada umumnya. Untuk menjadi seorang yang visioner. Yakin dengan mimpi-mimpi besar dan optimis mewujudkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More
articles