CETAK HAFIZH QUR’AN BERILMU, PESMADAI GELAR NGAJI KITAB IMAM NAWAWI

Date

Pesantren Mahasiswa Da’I (PESMADAI) Ciputat, sebagai lembaga pendidikan ternama di bidang menghafal Al-Qur’an, tidak main-main dalam menyiapkan generasi muda qur’ani yang berilmu.

Selain intens menghafal qur’an, program di Pesmadai juga ada mengaji kitab karangan Imam Nawawi yang berjudul At-Tibyan Fi Adab Hamalati Al-Qur’an setiap malam kamis ba’da sholat isya setelah selesai halaqah Al-Qur’an.

Ustad Taqy, selaku pengampu kajian kitab ini, menjelaskan bahwa kitab karangan Imam Nawawi tersebut berisi tentang adab-adab bagi penghafal Al-Qur’an.

“Seorang penghafal Al-Qur’an pada hakikatnya sedang berinteraksi dengan perkataan Allah ta’ala, maka sepatutnya dalam interaksi ini dijaga adab-adabnya. Sistem belajarnya satu orang membaca teks Arab nya dahulu, kemudian saya jelaskan maknanya dengan bahasa Indonesia” ungkap Ustad Taqy.

“Saya berharap ketika mengajarkan kitab ini, saya menasihati diri saya sendiri yang masih faqir adab dan juga para penghafal Al-Qur’an di Pesmadai agar bersama-sama mengambil barakah Al-Qur’an dengan menjaga adab serta mengkaji kitab pendahulu kita dengan niat mencari ilmu yang bermanfaat” lanjutnya.

Secara lebih detail, Ketua Pengurus Pesmadai Ciputat, Ustad Farid, menjelaskan bahwa pokok bahasan dalam kitab At-Tibyan Fi Adab Hamalati Al-Qur’an adalah tentang keutamaan pembaca dan penghafal qur’an, keutamaan qiroah dan ahlul qiroah, keharusan memuliakan ahlul qur’an, adab untuk pengajar, pelajar dan penghafal Al-Qur’an, anjuran membaca ayat dan sunnah pada waktu serta keadaan tertentu, adab menulis dan memuliakan mushaf.

“Mengkaji kitab ini penting karena sesuai dengan concern Pesmadai yang merupakan wadah pencetak hafizh quran. Harapannya, ini bisa menjadi pegangan bagi para santri dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an, memperhatikan adab-adabnya, sehingga banyak keberkahan yang bisa diraih selama berinteraksi dengan Al-Qur’an”, tutup Ustad Farid.

More
articles