DONASI ANDA ADALAH KONTRIBUSI NYATA UNTUK BANGSA

Date

Indonesia pernah menjadi negara paling dermawan di dunia dalam laporan World Giving Index 2018 versi Charities Aid Foundation di tahun 2018. Walaupun indeks dermawan ini sempat turun di tahun 2019, namun hingga kini Indonesia masih menempati posisi teratas sebagai negara yang dermawan.

Terbukti, di tahun 2020 peringkat Indonesia kembali naik seiring meluasnya pandemi Covid-19 alias virus corona. Dan besar kemungkinan akan kembali naik di tahun 2021. Selain Indonesia, negara-negara yang juga terkenal dermawan dan juga menempati posisi atas adalah Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Irlandia. 

Kedermawanan negara tentu dilihat dari aktivitas yang dilakukan oleh masyarakatnya. Selain ramah, orang Indonesia memang terkenal baik dan tidak pelit membantu sesama. Jangankan yang dekat, yang jauh saja juga dibantu, bahkan membantu yang tidak dikenal sekalipun.

Di masa pandemi ini, banyak masyarakat yang membuka dan memberi donasi dan juga sejumlah komunitas dan lembaga yang bahu-membahu membantu masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Indonesia juga satu-satunya negara 10 teratas yang meningkatkan skor setiap tahunnya secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, sementara negara lain terkadang mengalami penurunan yang signifikan, menurut CAF.

Kemurahan hati orang Indonesia menempati peringkat ke-50 pada tahun 2010, terus naik hingga menduduki peringkat  1 pada tahun 2018 sebagai negara paling dermawan di dunia dengan skor 59%.

Salah satu alasan penting dari alasan kenapa Indonesia bisa menjadi negara paling dermawan adalah karena Indonesia memiliki populasi yang sangat banyak dan masyarakat kita yang juga terkenal religious. Sehingga sumbangan yang berkaitan dengan agama adalah hal yang paling besar.

Ini adalah kekuatan bagi bangsa kita. Kita sebagai umat beragama, hendaknya terus memupuk semangat dalam berderma/berdonasi membantu sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More
articles