INILAH 4 TIPE PEMUDA MENURUT USTAD ASIH SUBAGYO. KAMU TIPE YANG MANA?

Date

Pemuda seringkali diidentikkan dengan semangat yang membara, kuat, memiliki mimpi besar, dan bertindak sebagai pelopor kebangkitan bangsa. Namun, apakah tipe semua pemuda yang hidup hari ini sama?

Menurut Ustad Asih Subagyo, ada empat tipe pemuda saat ini. Pertama, Pemuda pesimis. Tipikal pemuda yang ini selalu pesimisme melihat masa depan. Minus harapan. Sering menyalahkan keadaan yang ada. Maka, jangan sampai kita terjerumus menjadi tipe pemuda yang pesimis.

Kedua, Pemuda realistis. Jenis pemuda yang kedua ini adalah pemuda yang realistis. Dia berpikir pragmatis. Melogikakan kehidupan sesuai dengan praktis manfaat yang dapat instan dirasakan oleh pancaindera yang ada. Pemuda tipe ini biasanya tidak akan melakukan perubahan yang besar dalam hidupnya dan bagi kehidupan.

Ketiga, Pemuda optimis. Tipe pemuda optimis biasanya ialah pemuda yang sudah punya rencana dan strategi yang mantap dalam menjalani hidup dan masa depannya. Ia mampu mengetahui tantangan dan peluang di masa depan. Ini tipe yang bagus. Tapi, ada yang lebih bagus lagi.

Keempat, Pemuda proaktif. Inilah tipe pemuda yang lebih bagus dan dahsyat lagi. Pemuda tipe ini adalah aktor-aktor yang melakukan perubahan. Pemuda yang memiliki gagasan dan inisiatif tinggi dalam bergerak. Memiliki ide yang inovatif dan desain gerakan strategis. Pemuda yang berpikir besar.

Lihatlah sejarah kemerdekaan. Soekarno dan Hatta adalah tokoh muda yang berpikir besar terhadap kemerdekaan Indonesia. Sebagai pemuda, minimal kita menjadi pemuda yang optimis sembari berusaha menjadi pemuda yang proaktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More
articles