Keutamaan Wakaf Dalam Islam, Cek !

Date

Apakah kamu sudah berwakaf hari ini? Atau belum berwakaf karena belum tau keutamaannya? Hmm wajar ya, kita biasanya akan semangat melakukan sesuatu kalau tau keutamaannya. Nah, sekarang yuk kita cek bagaimana sih keutamaan wakaf dalam Islam. Biar semangat berwakafnya. Gak mau wakaf? Rugi deh pokoknya !

Tahukah anda? Ternyata wakaf adalah salah satu amal ibadah yang paling mulia bagi kaum Muslim. Dianggap mulia, karena pahala amalan ini bukan hanya dipetik ketika hidup di dunia, melainkan pahalanya juga tetap mengalir terus, meskipun pewakaf telah meninggal dunia. Bertambah banyak orang yang memanfaatkannya, bertambah pula pahalanya.

 “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir tumbuh seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki, Dan Allah Maha Kuasa (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah [2] 261).

Saat kita melepas harta sebagai wakaf, maka bulir-bulir kebaikan dan manfaat akan lahir seiring pahala yang terus mengalir, selama wakaf kita bermanfaat, maka selama itu pula pahala mengalir kepada kita. Wakaf tidak akan menghabiskan harta kita. Justru wakaf akan mengekalkan harta dan menjadi jalan bagi kita untuk meraih ridha dan ampunan Allah Swt.

 “…Dan apa saja harta yang baik yang kamu infakkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan)” (Al-Baqarah [2]: 272).

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai” [Ali Imran [3]: 92].

Syaikh Abdullah Ali Bassam berkata, “wakaf adalah shadaqah yang paling mulia. Allah menganjurkannya dan menjanjikan pahala yang sangat besar bagi pewakaf, karena shadaqah berupa wakaf tetap terus mengalir menuju kepada kebaikan dan maslahat”.

Bahkan, wakaf balasannya adalah surga. Sebagaimana firmal Allah dalam QS. Ali Imran [3]: 133-134.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (yaitu) orang -orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan kemarahannya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS. Ali Imran [3]: 133-134).

Selain itu, wakaf keutamaannya adalah akan dilipatgandakan pahalanya hingga 700 kali lipa. Sebagaimana QS. Al-Baqarah [2]: 261.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir tumbuh seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki, Dan Allah Maha Kuasa (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah [2]: 261).

Keutamaan yang luar biasa dari wakaf. tunggu apalagi akhi, mumpung masih hidup dan Allah limpahkan rezeki, yuk kita segerakan berwakaf, untuk bekal di akhirat.

More
articles