Maksimalkan Sedekahmu di Bulan Zulhijah

Date

Tahun Islam atau dikenal dengan istilah penanggalan hijriah terdiri dari dua belas bulan. Di antara dua belas bulan tersebut, empat di antaranya ada yang disebut dengan nama bulan haram. Empat bulan haram yang dimaksud adalah bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab.

Menurut Ibnu ’Abbas, dengan dikhususkannya empat bulan tersebut sebagai bulan haram atau bulan suci, maka melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan di bulan tersebut akan menuai pahala yang lebih banyak.

Hal ini telah Allah SWT sampaikan dalam surat At-Taubah ayat 36 yang berbunyi:

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

 Di dalam hadis Nabi Saw. memperjelas empat bulan yang dimaksudkan. Nabi bersabda:

“Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kata haram disini diartikan dengan bulan yang mulia, suci, atau terhormat sebagaimana kata haram yang dinisbatkan kepada masjid termulia yaitu Masjidil Haram. Ibadah-ibadah di dalam Masjidil Haram lebih baik dan utama dari tempat lain.

Maka, sebagaimana mulianya Masjidil Haram, bulan haram yang empat ini juga sangat mulia. Di bulan haram ini, termasuk Zulhijah, kita diperintahkan untuk menjaga bulan ini dari kemaksiatan dan mengisi dengan meningkatkan amal kebaikan.

Kebaikan yang kita lakukan di bulan zulhijah ini akan dilipatgandakan oleh Allah pahalanya. Salah satunya adalah ibadah sedekah, maka mumpung bulan zulhijah masih bersama kita, ini adalah momentum untuk memaksimalkan sedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More
articles