MEMBANGGAKAN: SANTRI PESMADAI RAIH JUARA MTQ

Date

Ikmal (Batik lengan panjang sebelah kiri)

Ikmal, itulah panggilan sehari-hari dari M. Nur Ikmalul Kholis santri Pesmadai yang berhasil meraih juara. Ikmal mewakili Kecamatan Ciputat Timur pada ajang MTQ tingkat Kota Tangerang Selatan yang dilaksanakan pada Jum’at-Senin, 23-26 Oktober 2020 di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan.

Di ajang MTQ, Ikmal memulai debut pertamanya di cabang Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ) dan berhasil mendapatkan juara 3. Ikmal mengatakan, MMQ merupakan salah satu cabang yang sangat berbeda dengan cabang lomba MTQ lainnya, karena waktunya cukup lama, dari jam 08.00-17.00 WIB.

 “Perlombaan ini sangatlah menantang, karena peserta harus menulis ulang makalah berdasarkan tema yang sudah ditentukan, menuangkan ide tulisannya dengan merujuk kepada buku, jurnal, kitab, ayat Al-Qur’an, tafsir, hadis, dan sumber referensi lainnya full dari pagi sampai sore”, ungkap Ikmal.

Perlombaan ini terdiri dari babak penyisihan dan final. Bagi peserta yang lolos babak penyisihan, akan lanjut di babak final dan akan mempresentasikan makalah ilmiah tersebut di depan seluruh peserta dan juga dewan hakim. Tak hanya itu, setelah menyampaikan presentasi, para peserta akan diberikan beberapa pertanyaan oleh dewan hakim.

Santri yang sehari-harinya juga menghafal Al-Qur’an ini merasa sangat dan bahagia mendapat juara 3 di cabang MMQ. Berkah Al-Qur’an. Kedepannya Ikmal berharap semoga ilmu yang didapatkan di ajang MTQ Kota Tangsel, dapat bermanfaat dan lebih baik kedepannya.

Direktur Pesmadai, Ahmad Muzakky, menyambut baik kabar bahagia ini. Ia mengatakan, Pesmadai selain mencetak santri-santri menjadi hafizh penghafal qur’an, juga terus mendorong agar para santri berprestasi dalam bidang kebaikan apapun. Santri-santri harus menjadi pribadi yang cerdas, sholeh, dan hebat berintegritas.

More
articles