Pesmadai Gelar Silaturrahim Gabungan se-Jabodetabek

Date

Pesantren Mahasiswa Dai/Daiyah (Pesmadai) yang berada di bawah penyelenggeraan Yayasan Dai Muda Indonesia (YDMI) menggelar acara silaturrahim gabungan yang dipilin dalam satu acara kuliah umum yang menghadirkan narasumber penulis dan pegiat pendidikan, Imam Nawawi, pada Sabtu (20/9/2019).

Acara dengan konsep diskusi tersebut berlangsung khidmat namun tetap menghentak serta segera merangsang nalar peserta untuk terlibat aktif secara interaktif membahas tentang peradaban dunia.

Kegiatan rutin bulanan berlangsung di asrama Pesmadai Legoso Ciputat yang berlangsung khidmat ini mengangkat tema “Pemuda Muslim Dalam Kontestasi Peradaban Dunia”.

Imam Nawawi dalam pemaparannya, mengemukakan pentingnya pemuda khususnya pelajar atau mahasiswa untuk senantiasa menambah wawasan. Tak terkecuali dalam lingkup isu global.

“Terus dalami keilmuan yang menjadi minat Anda sampai saatnya nanti Anda menjadi semakin baik. Geluti pula secara medalam centrum peradaban dunia terutama peradaba Islam,” kata Nawawi dalam sesi pamungkas dalam materi yang dibawakannya.

Dalam sesi dialog, mahasiswa yang berasal dari latar belakang keilmuan dan kampus ini tampak sangat antusias menggali lebih dalam terkait dengan materi tersebut.

Di penghujung acara, Nawawi berpesan kepada segenap mahasiswa Pesmadai untuk selalu dekat dan mempelajari Al Quran yang merupakan mukjizat akhir zaman. Dia menekankan, tahfidzul Quran yang merupakan salah satu core competency output Pesmadai, musti harus diupayakan selalu menjadi nilai yang melekat di setiap pribadi kita.

Sebagai pecinta Al Quran, beliau mengingatkan, membacanya dengan tartil, tahsin sesuai kaidah dan dibaca dengan indah merupakan keutamaan yang diganjar dengan pahala berlipat.

Namun, seiring dengan pembiasaan tersebut, Nawawi mengingatkan, Al Quran juga harus dibaca secara epistemik dan mendalam dengan pelibatan nalar Ilahiyah sehingga Al Quran benar-benar menjadi sinar penunjuk jalan dalam kehidupan kita.

Pesmadai secara rutin menggelar kegiatan talkshow atau kuliah umum dengan menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang. Dengan program ini diharapkan peserta program Pesmadai mendapatkan input wawasan yang lebih luas dan menjadi bekal di kemudian hari. (ANDI) 

FOTO DOKUMENTASI


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More
articles