Santri Penghafal Qur’an Ngaji On The Road Ke Sukabumi

Date

Santri penghafal qur’an Pesantren Mahasiswa Da’I (Pesmadai) kembali mengadakan ngaji on the road. Setelah sebelumnya ke Bogor dan Banten serta beberapa kota lainnya, kemarin pada 20/09/2020 santri Pesmadai ngaji on the road ke Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat. Kali ini, ngaji on the road diikuti sebanyak 27 orang.

Para santri berangkat dengan menggunakan sepeda motor. Konvoi dari Ciputat pada dini hari pukul 04.00 WIB. Dari Ciputat, melaju melewati Parung Bogor dan sholat subuh berjamaah di Parung. Para santri penghafal qur’an ini kemudian melanjutkan perjalanan melewati Kabupaten dan Kota Bogor, hingga sampai Sukabumi.

Perjalanan menuju Sukabumi, masing-masing santri ditemani Al-Qur’an yang mereka bawa. Di Situ Gunung, kawasan destinasi wisata yang dituju, para santri ngaji di alam terbuka di kawasan objek wisata. Ngaji di pinggir Curug Sawer, dan di tepi danau kawasan Situ Gunung.

Panitia sekaligus santri Pesmadai, Fatih Husaini, mengungkapkan bahwa program Ngaji On The Road atau biasa disingkat NGANTOR, adalah salah satu terobosan yang out of the box, karena hanya orang yang bermental kuat dan berani tampil beda saja yang mampu mengaji diantara kerumunan orang di tempat wisata yang niatnya hanya sekadar jalan-jalan. Sementara para santri, jalan-jalannya sambil ngaji membaca Al-Qur’an dan bertafakkur serta mentadabburi kalam-Nya.

Selain itu, Zaini Lubis yang juga merupakan santri penghafal qur’an Pesmadai, mengatakan sangat terkesan dengan acara ngaji on the road. “Membaca Al-Qur’an di masjid itu udah biasa, tapi membaca Al-Qur’an di tempat wisata itu luar biasa. Di saat sebagian yang lain berkhalwat dengan lawan jenis di tempat wisata, kita memberanikan diri untuk menyiarkan agama Allah”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More
articles